Kumpulan resep dari seluruh Nusantara, masakan khas Indonesia. Selain Resep - resep khas daerah Indonesia juga tersedia resep masakan ringan dan modern, resep kue, resep minuman yang dijamin akan membangkitkan minat memasak anda. Coba resep nya sekarang juga!!

18 Desember 2007

Ketoprak Jakarta

Ketoprak adalah salah satu jenis masakan khas Indonesia dengan menggunakan ketupat yang mudah dijumpai. Biasanya ketupat dijajakan menggunakan kereta dorong di jalan-jalan atau di kaki lima.

Ketupat memiliki kekhasan, yaitu praktis tidak memiliki unsur hijauan daun. Sayuran yang mejadi komponen utamanya hanyalah tauge. Komponen utama lainnya adalah tahu, bihun, telur rebus, yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap, dan taburan bawang merah goreng. Dapat pula dihidangkan dengan tambahan kerupuk atau emping melinjo. Beberapa versi ada pula yang menyertakan tempe sebagai komponennya.


Salah satu ketoprak yang terkenal adalah ketoprak Jakarta


Resep Ketoprak Jakarta


Bahan:

Toge secukupnya direndam air panas sebentar.

Tahu kuning 4 bh digoreng

Bihun 100 gram di rebus air panas sampai empuk,

Lontong (bila suka)

Kerupuk goreng.

kacang tanah goreng 200 gram

gula merah, garam, bawang putih., cabe rawit/merah

air asam secukupnya.

kecap manis

Bumbu Untuk membuat 1 piring ketoprak;

Haluskan cabe (sesuai selera), tambahkan 1/2 bh bawang putih, garam haluskan

tambahkan kacang tanah haluskan beri gula merah 1 sdm, haluskan beri air asam 1 sdm dan tambahkan air secukupnya lalu aduk rata— berikan toge, potongan tahu, bihun dan lontong bila suka, taburi bawang merah goreng dan kecap manis. dan sajikan dengan kerupuk diatasnya.