Kumpulan resep dari seluruh Nusantara, masakan khas Indonesia. Selain Resep - resep khas daerah Indonesia juga tersedia resep masakan ringan dan modern, resep kue, resep minuman yang dijamin akan membangkitkan minat memasak anda. Coba resep nya sekarang juga!!

14 Desember 2007

Rendang Kering

Rendang Kering

Bahan:

1 kg daging tanpa lemak, potong 4×4 cm
2 lembar daun kunyit, simpulkan
3 lembar daun jeruk purut
2 batang daun serai, memarkan
2 cm asam kandis/gelugur
2 lt santan dari 2 butir kelapa
5 siung bawang, iris halus
Haluskan:
2 cm lengkuas
3 cm kunyit
2 cm jahe
100 g cabe merah
7 butir bawang merah
4 butir bawang putih
2 sdt garam


Cara Membuat:
1. Tuang santan di dalam wajan, masukkan daun kunyit, daun jeruk, serai, asam, irisan bawang merah dan semua bumbu halus. Aduk rata.
2. Masak santan berbumbu sambil sesekali diaduk selama 20 menit. Masukkan potongan daging, masak dengan api sedang hingga santan mengering dan berminyak. Angkat. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk 7 Porsi

Tip:
* jangan pernah menggunakan santan kemasan untuk membuat rendang kering, santan kemasan tidak bisa menghasilkan remah santan kering. Gunakan santan dari perasan kelapa.
* Jika memasukan daging terlalu cepat, daging biasanya akan hancur ketika santan mengering. Bias disiasati dengan menggoreng daging terlebih dahulu hingga matang kemudian daging dimasukkan ketika santan sudah mulai mengering.

* Pilih daging bagian has dalam yang empuk dan potong daging melawan serat. Memotong daging melawan serat akan menjadikan daging lebih empuk sedangkan potongan daging searah serat akan menghasilkan rendang yang liat.