Kumpulan resep dari seluruh Nusantara, masakan khas Indonesia. Selain Resep - resep khas daerah Indonesia juga tersedia resep masakan ringan dan modern, resep kue, resep minuman yang dijamin akan membangkitkan minat memasak anda. Coba resep nya sekarang juga!!

14 Desember 2007

Taoto

Banah/Bumbu :
Taoco, bawang merah, bawang putih, lombok merah, kemiri, minyak goreng, daging ayam / daging kerbau, balungan/kaldu untuk kuah, bihun (mie beras), bawang daun, kecap, garam, penyedap rasa.

Komposisi bumbu disesuaikan kebutuhan, tetapi untuk porsi kecil 2-3 orang dapat digunakan komposisi sebagai berikut : bumbu yang dihaluskan : 5 butir bawang bawang merah, 4 siung bawang putih, 3 butir kemiri, 3 buah cabai merah, 1/2 ruas jari jahe. Bumbu dapat dihaluskan dengan blender.

Bahan : taoco 1 ons, 100 gram daging kerbau rebus hingga empuk atau 100 gram daging ayam yang telah digoreng, 1 sdt kaldu sapi bubuk atau kaldu asli dari rebusan balungan 150 gram, bawang daun satu helai diris-iris kecil, 70 gram bihun yang telah direndam air panas dan ditiriskan.
Taoto adalah soto khas Pekalongan. Resep Taoto sebagai berikut:

Cara Memasak :
Panaskan 5 sdm minyak goreng, tumis (gongso) bumbu yang telah dihaluskan diatas api sedang/kecil hingga harum. Tambahkan bumbu taoco 1 ons dan aduk hingga matang (tanak).

Taoco yang telah dibumbu siap untuk dijadikan bahan taoto. Siapkan 2-3 mangkok kecil yang telah diisi 1-2 jumput bihun, garam secukupnya, penyedap rasa secukupnya, irisan daun bawang secukupnya, irisan daging secukupnya, taruh 1-2 sdm bumbu taoco yang telah masak, lalu tuangkan kuah kaldu yang masih panas sesuai kebutuhan.

Aduk hingga merata, kasih kecap secukupnya sesuai selera, dan hidanganpun siap untuk disantap. Jika ingin lebih pedas tentu saja tambahkan sambal yang dibuat dari cabai rawit yang telah dikukus/direbus dan dihaluskan (ditumbuk). Jika ingin lebih kuat aroma segarnya, boleh pula menambahkan sedikit cuka makanan yang telah diencerkan secukupnya.